goasuransi.com |  Lampu mobil yang buram dapat terjadi pada bagian lampu mana saja mulai dari lampu utama depan (head lamp), lampu sein maupun lampu belakang mobil. Lampu mobil yang buram jika dibiarkan akan menganggu kualitas pencahayaan dari lampu itu sendiri sehingga kurang maksimal , akibatnya mengemudi menjadi lebih sulit.
Lampu yang buram banyak disebabkan oleh beberpa hal seperti,  rumah lampu kemasukan air, kemasukan embun, tersumbatnya lubang angin, kemasukan debu, sering terpapar sinar matahari, penggunaan daya lampu yang besar atau faktor umur dari mika lampu.
Cara membersihkan mika lampu mobil yang buram adalah dengan cara menggosok mika lampu dengan cairan pembersih mika yang banyak tersedia di pasaran (bengkel perawatan mobil), selain mika lampu menjadi bening baret-baret ringan pada mika lampu juga akan menghilang.

Proses pembersihan mika lampu ini adalah dengan mencopot mika lampu, mencuci dengan bersih lalu mengoleskan cairan pembersih mika lampu lalu menggosoknya dengan busa/ kain, prinsipnya adalah menggerus permukaan mika sehingga bagian luar yang rusak (buram) akan terkelupas (mirip pemakaian kit pada cat mobil, yang perlu diperhatikan adalah waktu mencopot mika mobil yang harus dilakukan secara hati-hati karena pencopotan yang dipaksa dapat menyebabkan kerusakan mika.

Berikut Tips untuk mencegah terjadinya buram kembali pada lampu yang sudah dibersihkan:

  1. Gunakan lampu dengan daya yang sesuai.
  1. Perhatikan karet penutup bohlam.

Karet penutup bohlam ini kadang-kadang robek/ getas, jika ini terjadi segera ganti dengan yang baru karena karet penutup bohlam yang getas/ robek dapat menyebabkan masuknya debu atau kotoran lain pada rumah lampu.

  1. Perhatikan seal penutup mika.

Seal penutup mika ini sangat mudah dilihat karena berada di luar rumah lampu. Jika seal ada yang robek/ berlubang/ getas maka akan sangat mudah bagi air dan debu masuk rumah lampu, ganti atau benahi seal ini.

  1. Jaga kebersihan kap mesin terutama untuk mesin mobil yang didepan.

Kotornya mesin dapat membuat debu/ kotoran dari ruang mesin masuk melewati bohlam lampu, jika perlu gunakan isolasi untuk merapatkan lubang-lubang yang mungkin menjadi jalan masuk debu dari ruang mesin ke rumah lampu.

  1. Parkir Ditempat Teduh.

Sinar UV yang berasal dari matahari dapat memberikan dampak kaca headlamp menjadi menguning lebih cepat akibat panas yang berasal dari sinar UV.

  1. Gunakan Cairan anti UV atau Wax sebagai pelindung kaca lampu mobil.

Saat ini sudah banyak toko sparepart mobil menjual Cairan anti UV ini dan dapat anda gunakan sebagai pelindung kaca lampu  kendaraan anda.

  1. Cuci Kaca Headlamp Setelah Hujan.

Air hujan dan kotoran dapat membuat kaca headlamp mobil anda mengalami goresan, sehingga berdampak masuknya partikel kotoran kedalam sel-sel kaca headlamp. Hal ini akan berdampak pada keawetan kaca headlamp itu sendiri. Sebaiknya segera cuci kaca headlamp menggunakan air bersih ketika mobil anda baru saja terguyur hujan.

Sumber:Superpolish, Asapmobil,mobilku


Konsultasi Gratis dan penawaran Asuransi Garda Oto terbaik dari www.goasuransi.com

Silahkan Hubungi : Meylin

0813 1095 4818 / 0838 9314 2204

E-mail : mminiar@gomitra.com
E-mail : meylind.gardaoto@gmail.com

( Minta Simulasi Premi )


goastra

Garda oto Asuransi Astra siap melayani Asuransi Mobil anda ayo cek di http://goasuransi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.