goasuransi.com |  Mudik Lebaran sudah semakin dekat, kegiatan mudik atau pulang ke kampung halaman merupakan hal yang sudah dinanti-nantikan. Mudik kerap identik dengan perjalanan jauh, sebab banyak orang luar Pulau Jawa yang merantau ke Jakarta. Tentunya ketika Anda akan menempuh perjalanan jauh harus ada persiapan yang matang, seperti persiapan fisik dan perlengkapan kendaraan. Hal ini perlu dilakukan agar perjalanan Anda berjalan lancar dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagi Anda yang melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi, pastikan Anda membaca tips menyetir mobil untuk menempuh perjalanan jauh dengan aman dan nyaman.

Hal pertama yang paling penting disiapkan adalah kondisi fisik pengemudi. Pengemudi yang akan menempuh perjalanan jauh harus memiliki kondisi badan yang fit, dan beristirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Pengemudi tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan kantuk. Konsumsilah suplemen yang mengandung vitamin C untuk menyegarkan badan dan menambah stamina.

Kemudian jangan lupa periksa kondisi kendaraan Anda, selalu pastikan apakah kendaraan Anda sudah siap untuk menempuh perjalanan jauh. Mulai lakukan pengecekan dari bagian luar terlebih dulu, baru ke bagian dalam mobil. Untuk bagian luar mobil, pastikan ban mobil tidak botak dan memiliki tekanan angin yang cukup. Lalu pastikan air wiper terisi penuh, serta lampu mobil berfungsi dengan baik. Agar kendaraan berfungsi secara maksimal, gunakan oli mobil yang bagus dan sesuai dengan spesifikasi mesin Anda untuk kelancaran selama menempuh perjalanan jauh. Jika sudah saatnya  melakukan servis berkala, jadwalkan kendaraan Anda ke bengkel resmi terdekat agar semua mesin diperiksa secara lebih mendalam.

Posisi saat mengemudi juga merupakan hal yang tak kalah penting untuk kenyamanan selama perjalanan jauh. Atur jarak bangku dengan setir sesuai dengan kenyamanan pengemudi. Jangan terlalu jauh atau terlalu dekat, karena hal tersebut akan membuat pengemudi akan merasakan kelelahan dengan posisi yang tidak pas.

Selain itu, usahakan agar Anda selalu waspada dan sabar selama berkendara. Biasanya ketika melakukan perjalanan ke luar kota akan terasa berbeda dengan berkendara di dalam kota. Anda akan banyak menjumpai kendaraan-kendaraan berukuran besar, seperti truk dan bus. oleh karena itu, selalu berhati-hati dan patuhi rambu-rambu lalu lintas. Terutama di kondisi cuaca yang ekstrim seperti hujan lebat atau kondisi di malam hari, karena pengemudi membutuhkan fokus yang lebih untuk berkendara pada saat kondisi seperti itu.

Selain mempersiapkan kondisi kendaraan dan pengemudi, pastikan juga Anda sudah membawa surat-surat penting yang dibutuhkan untuk berkendara, seperti SIM dan STNK.

Mengingat kondisi jalanan yang tidak terduga selama mudik, sediakan makanan kecil dan minuman untuk berjaga-jaga ketika lapar dan tidak ada rumah makan di sekitar Anda. Anda juga bisa beristirahat sejenak jika merasa sudah sangat lelah dan mengantuk, dengan memarkirkan kendaraan di tepi jalan yang tidak mengganggu lalu lintas. Jangan paksakan menyetir dalam keadaan mengantuk hanya demi sampai di kampung halaman tepat waktu. Maka dari itu Anda harus mempersiapkan diri dengan benar-benar untuk menghadapi arus mudik.

Ini adalah sebagian kecil tips-tips dari bagaimana menyetir mobil jarak jauh yang aman dan nyaman. Selalu perhatikan keselamatan, dan berhati-hati dalam berkendara. Semoga tips-tips ini bermanfaat untuk Anda yang akan menempuh perjalanan jauh, dan Selamat mudik

 Sumber : https://www.deltalube.com


Konsultasi Gratis dan penawaran Asuransi Garda Oto terbaik dari www.goasuransi.com

Silahkan Hubungi : Meylin

0813 1095 4818 / 0838 9314 2204

E-mail : mminiar@gomitra.com
E-mail : meylind.gardaoto@gmail.com

( Minta Simulasi Premi )


goastra

Garda oto Asuransi Astra siap melayani Asuransi Mobil anda ayo cek di http://goasuransi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *