goasuransi.com | Lahir sudah dua medium SUV anyar dari brand dan pameran otomotif berbeda. All-new Honda CR-V muncul lebih dulu lewat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Kemudian All-new Mazda CX-5 seolah tidak mau kalah, dengan menampakkan diri di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

Masing-masing kendaraan tampil dengan sejumlah kelebihan, tapi bukan berarti tanpa kekurangan. Pertanyaannya, bila harus memilih salah satu, mobil mana yang harus dibeli? Berikut bahasan komparasi spesifikasi antara dua varian tertinggi, Mazda CX-5 Elite dan Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige:

Desain

Masuk ke dalam kabin, didominasi warna hitam dengan aksen garis-garis silver yang memperkuat kesan sportif. Joknya sudah dilapisi kulit, head unit menggunakan MZD Connect layar sentuh berukuran 7 inci. Sepuluh speaker Bose tersebar di sekeliling kabin untuk memanjakan telinga penumpang saat mendengarkan musik. Bagian atapnya sudah menggunakan sunroof.Mobil Mazda terbaru mengedepankan bahasa desain Kodo (detak jantung), yang menjadikan mobil tidak sekadar kendaraan, tapi seolah memiliki jiwa. Garis bodinya mengalir dari depan ke belakang, CX-5 Elite terlihat dinamis meski dalam kondisi diam. Parasnya lebih agresif, karena penggunaan lampu lebih pipih dan terintegrasi grille depan berbentuk sayap. Bagian kaki-kaki, dibekali velg besar ukuran 19 inci dan karet bundar 225/55.

Sementara itu, CR-V 1.5L Prestige mempunyai desain berbeda dari CX-5. Dengan sosok lebih elegan, tampak dari bodinya yang membulat. Aksen krom di sekujur tubuhnya, agar tampilannya semakin mewah. Velgnya tidak terlalu besar untuk menyesuaikan tampilan manisnya, memakai velg 18 inci dengan ukuran ban 235/60.

Kabinnya memiliki 3 baris bangku sehingga mampu menampung 7-penumpang, ini merupakan kelebihan yang tidak dimiliki Mazda dengan dua baris bangku untuk 5-penumpang saja. Kemudian head unit lebih besar 9 inci touch screen. CR-V juga punya fitur Nanoe yang diklaim mampu membuat udara kabin lebih bersih.

Fitur Keselamatan

CX-5 Elite dan CR-V 1.5 Turbo Prestige sama-sama punya fitur keselamatan berlimpah. Sebutlah 6 airbag, antilock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD) dan brake assist (BA) yang menjamin keselamatan saat pengereman. Keduanya pun punya hill launch assist (HLA) dan stability control agar berkendara lebih nyaman.

Hanya saja, Mazda lebih unggul karena dibekali fitur lain yang lebih banyak. Misalnya blind spot monitoring (BSM), rear cross traffic alert (RCTA) dan smart city brake support (SCBS) yang memberi informasi terkait potensi bertabrakan dengan kendaraan lain atau pengguna jalan. Ditambah lagi Lane departure warning system (LDWS) dan lane keep assist (LKA), berfungsi mencegah Anda keluar jalur selama berkendara. Ada pula driver attention alert (DAA), mengingatkan bila Anda mengantuk selama perjalanan.

Mesin

Kebalikannya, Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige memakai mesin lebih kecil, hanya 1.498 cc. Biar begitu, depot dayanya sudah dibekali turbo, sehingga performanya tidak ketinggalan jauh dari mesin yang lebih besar. Mampu menyemburkan torsi puncak 240 Nm pada 2.000-5.000 rpm dan tenaga maksimal 190 PS pada 5.600 rpm. Sistem transmisinya memakai CVT. Paduan mesin kapasitas kecil dan tranmsisi CVT, tujuan Honda tidak lain mengutamakan konsumsi bahan bakar irit.Jantung mekanis CX-5 Elite lebih superior, karena dibekali teknologi Skyaktiv-G berkapasitas 2.488 cc empat silinder DOHC. Mesin itu sanggup mengeluarkan torsi puncak 251 Nm pada 3.250 rpm dan tenaga maksimal 190,34 PS pada 6.000 rpm. Sistem transmisinya memakai 6-percepatan otomatis. Terlihat dari gabungan mesin dan transmisinya, Mazda ingin memberikan rasa berkendara yang lebih agresif dan menyenangkan.

Harga

Mazda CX-5 Elite dibanderol Rp 548,8 juta (OTR Jakarta). Harganya cukup tinggi, dengan gap hampir Rp 42 juta bila dibandingkan CR-V 1.5L Turbo Prestige yang dijual Rp 506 juta (OTR Jakarta). Sebenarnya Mazda memiliki varian lebih murah untuk CX-5 yaitu GT. Hanya saja haganya tetap lebih mahal dari CR-V tipe tertinggi, Rp 526,8 juta. Padahal beberapa fitur sudah banyak dihilangkan, misal: BSM, RCTA, LDWS, LKA, DAA dan SCBS. Kemudian tidak ada navigasi sebagai petunjuk jalan selama berkendara.

Hebatnya, CR-V bahkan punya dua varian lain yang harganya lebih terjangkau lagi. Pertama ada CR-V 1.5 Turbo tanpa embel-embel Prestige, banderolnya Rp 466 juta (OTR Jakarta). Beberapa komponen dihilangkan, seperti: sun roof, 6 airbag, smartkey dan bagasi dengan bukaan elektrik. Masih ada lagi, varian CR-V 2.0L seharga Rp 432 juta (OTR Jakarta). Performa mesin naturally aspirated tentu tidak sebaik varian turbo. Kemudian joknya masih dibalut kain, belum kulit dan beberapa komponen lain yang spesifikasinya tidak sebaik punya saudaranya.

Sumber :https://www.oto.com/berita-mobil/giias-2017-all-new-mazda-cx-5-vs-all-new-honda-cr-v-21167266


Konsultasi Gratis dan penawaran Asuransi Garda Oto terbaik dari www.goasuransi.com

Silahkan Hubungi : Meylin

0813 1095 4818 / 0838 9314 2204

E-mail : mminiar@gomitra.com
E-mail : meylind.gardaoto@gmail.com

( Minta Simulasi Premi )


goastra

Garda oto Asuransi Astra siap melayani Asuransi Mobil anda ayo cek di http://goasuransi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.