goasuransi.com | Fatigue atau kelelahan dapat mengakibatkan hilangnya kewaspadaan, serta mengantuk dan tertidur pada saat sedang mengendarai kendaraan. Akibat lainnya lagi adalah hilangnya penilaian, pengambilan keputusan yang lamban dan turunnya kemampuan berkendara. Menurut Rifat Sungkar, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut, dan cara sederhana untuk menghindarinya adalah tidur yang cukup dan menjaga asupan makanan

 

Penyebab kelelahan dapat disebabkan oleh 3 (tiga) faktor yaitu faktor tidur, apakah ada gangguan atau kurang tidur, akumulasi dari tidur yang kurang, dan juga kurangnya waktu tidur dalam waktu yang panjang atau lebih dari 17 jam. Berikutnya adalah faktor kerja, apakah kita bekerja dengan waktu yang lama sehingga tidak ada waktu pengganti untuk beristirahat dari pekerjaan. Yang terakhir adalah faktor kesehatan, apakah kita kurang sehat ketika berkendara atau sedang mengkonsumsi obat – obatan dari dokter.

 

Untuk itu  setiap pengendara  perlu waspada untuk mengenali kapan gejala kelelahan  mulai melanda, berikut ini adalah beberapa tanda orang kelelahan.

 

  1. Hilangnya kewaspadaan, keadaan dimana kita tidak dapat merespon atau bergerak dengan cepat ketika dalam keadaan darurat atau melakukan tindakan keamanan seperti saat kondisi normal.

 

  1. Mengantuk, perasaan mengantuk dan mungkin agak melayang dan tertidur ketika mengemudi terkadang tidak diketahui. Yakinlah bahwa kondisi seperti ini banyak sekali menyebabkan kendaraan keluar dari lintasan dan berakibat kecelakaan,

 

  1. Tertidur ketika berkendara, beberapa kejadian buruk mengenai kecelakaan tunggal penyebabnya adalah pengendara tertidur ketika sedang berkendara. Dimana situasi seperti ini si pengendara tidak dapat mengontrol atau mengambil keputusan dengan tepat sebelum terjadi tabrakan.

 

  1. Pikiran kelelahan yang mungkin dipengaruhi oleh banyaknya masalah dalam pekerjaan, rumah tangga dan lain – lain, situasi ini sangat mempengaruhi ketika anda mengadapi suatu masalah disaat berkendara.

 

  1. Berjalan tanpa sadar.

Kelelahan yang dibawa saat berkendara bisa membuat Anda seperti ‘mayat hidup’ berjalan seolah tanpa sadar. Anda bisa dalam sekejap terlupa sudah melewati sebuah tempat atau bahkan terlewat dari tujuan semula. Kehilangan memori jangka pendek dan tak menyadari sekeliling adalah tanda-tanda kelelahan juga.

 

  1. Melantur

Anda sadar tapi tak sepenuhnya adalah tanda-tanda kelelahan tingkat tinggi. Anda merasa baik-baik saja walau merasa sedikit melayang, tapi orang-orang sekeliling Anda melihat Anda seperti melantur.”Tidakfokus, sulit memfokuskan mata ke jalanan.

 

Kunci untuk mengatasi kelelahan hanya ada satu cara yaitu tidur yang cukup dan istirahat. Tujuh setengah jam merupakan waktu yang harus anda gunakan untuk tidur dan istirahat. Jika anda kurang tidur, anda harus lebih meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati. Selain itu asupan makanan yang cukup dan tidak berlebihan juga bisa membantu anda mengatasi kelelahan.

 

Sumber: waspada.co.id, cnnindonesia.com


Konsultasi Gratis dan penawaran Asuransi Garda Oto terbaik dari www.goasuransi.com

Silahkan Hubungi : Meylin

0813 1095 4818 / 0878 8961 0686

E-mail : mminiar@gomitra.com
E-mail : meylind.gardaoto@gmail.com

( Minta Simulasi Premi )


goastra

Garda oto Asuransi Astra siap melayani Asuransi Mobil anda ayo cek di http://goasuransi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.