goasuransi.com | Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengklaim program Kendaraan Bermotor Hemat Bahan Bakar dan Harga Terjangkau (KBH2) atau yang lebih dikenal dengan low cost green car (LCGC) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak akan dihapus. Namun, pemerintah akan memindahkan program tersebut pada regulasi yang lebih luas cakupannya yakni Low Carbon Emission Vehicle (LCEV).
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

“Kami tengah mengkaji karena mau melaunching lagi emisi yang lebih rendah (LCEV). Nanti kendaraan KBH2 bisa mengikuti,” kata Airlangga kepada sejumlah awak media usai merayakan angka produksi pabrik Daihatsu ke-5 juta unit dan peresmian pusat R&D di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur, Jawa Barat, Senin (10/4).
Aturan main LCGC tertuang melalui Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia No. 33/M-IND/PER/7/2013.
Di dalam aturan itu, mobil yang bermain di kelas ini harus menggunakan mesin 980 – 1.200 cc dan Diesel 1.500 CC dengan konsumsi BBM paling sedikit 20 km/liter. Pemerintah juga mengatur bahwa mobil-mobil dijual memiliki harga setinggi-tingginya Rp 95 juta.
 
Selain Toyota dan Daihatsu, sejumlah merek Jepang lain juga turut memanfaatkan regulasi ini termasuk Datsun, Suzuki, dan Honda.
Sementara itu, pemerintah sendiri masih meramu regulasi terkait LCEV. Kemungkinan program itu tak hanya mencakup mobil hemat bahan bakar, tapi juga hybrid dan listrik.
Hybrid sedang kami evaluasi bea masuk dan sebagainya termasuk PPnBM, (untuk infrastruktur) kita kan ada proyek 35 ribu megawatt dan itu bisa sejalan. Lagipula hybrid sekarang lebih sederhana dan bisa di-charge di mana saja,” imbuh dia.
Sayangnya ketika ditanya lebih lanjut soal kapan regulasi LCEV dilepas, dia belum bisa berkomentar. Dia juga menegaskan bahwa regulasi LCGC akan tetap dan tidak berganti nama.
“Tidak berganti nama tetap ada satu lagi khusus di bawah. Nanti kita sedang bicarakan (peluncuran regulasi LCEV),” ujarnya.
Sumber :https://kumparan.com/wiji-nurhayat/jokowi-siapkan-aturan-baru-pengganti-program-mobil-murah-zaman-sby

Konsultasi Gratis dan penawaran Asuransi Garda Oto terbaik dari www.goasuransi.com

Silahkan Hubungi : Meylin

0813 1095 4818 / 0878 8961 0686

E-mail : mminiar@gomitra.com
E-mail : meylind.gardaoto@gmail.com

( Minta Simulasi Premi )


goastra

Garda oto Asuransi Astra siap melayani Asuransi Mobil anda ayo cek di http://goasuransi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.