goasuransi.com |  Tampil bergaya dengan setir aftermarket tetapi tetap perhatikan kenyamanan dan keamanan mengemudi. 

Ingin tampil bergaya dan berbeda dari yang lain. Mengubah atau menambahkan perangkat khusus di mobil diyakini mampu meningkatkan tunggangan kesayangan Anda. Salah satunya adalah dengan menukar setir standar dengan tipe racing alias sport. Tetapi, ingat lantaran di pasar produk aftermarket banyak yang menjual lingkar kemudi tersebut, melakukan penggantian setir juga memerlukan perhatian jangan asal pilih kemudian pasang.

Nah dalam artikel petunjuk praktis berikut ini, MobilWOW mengingatkan pilihlah setir aftermarket yang nyaman di tangan. Karena hal ini dapat membantu Anda saat bermanuver ekstrim atau di kondisi tak terduga.

Di pasaran sebut saja Pasar Mobil Kemayoran ataupun Duta Mas Fatmawati banyak penjaja kios setir racing, mulai dari yang sekedar berlapis kulit, hingga model Formula 1 pun juga ada. Tapi setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Biasanya, setir racing memiliki ukuran diameter 12.6 – 13.8 inci lebih kecil dari bawaan mobil yang  berdiameter 14-15 inci. Tentu, hal ini berpengaruh pada radius putar lebih cepat dari ukuran standar. Namun, jika terlalu kecil bisa membuat berat kemudi, sehingga susah memutarnya.

Pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak licin, karena diluar sana banyak ragam bahan setir, sebut saja kayu, kulit imitasi, kulit asli, dan suede. Bahan kulit dan suede merupakan alternative terbaik, meskipun harganya jauh lebih mahal. Solusinya bisa dengan memilih bahan yang merupakan kombinasi dari kulit dan suede.

Perhatikan penggunaan setir model celong dan setir model rata, karena keduanya mempunyai respon yang berbeda. Perlu diingat, rasio lingkar kemudi dan efek putar roda yang tidak seimbang bisa jadi membahayakan. Maka itu, pertimbangkan untuk selalu memakai ukuran yang tidak jauh dari standar.

Untuk model yang bergaya balap biasanya menggunakan palang 2 atau 3. Bila Anda ingin tampil elegan, gunakan palang 4. “Misalnya produk setir racing yang terkenal di kalangan pembalap diantaranya terdapat Recaro, Sparco atau OMP,” ujar H. Mamat dari Syifa Jaya, Duta Mas Fatmawati, Jaksel.

Hal yang tidak kalah penting untuk diingat adalah air bag (kantung udara). Pasalnya, beberapa pabrikan sudah membekali air bag pada setir standar mobil. Jika Anda menggantinya dengan setir racing, tentu akan menghilangkan system keamanan tersebut. Untuk itu, Anda perlu mempertimbangkannya dengan sikap bijaksana.

 

Sumber :https://www.mobilwow.com/tips-lengkap/memilih-setir-racing-mobil-juga-perlu-sikap-cermat/11660


Konsultasi Gratis dan penawaran Asuransi Garda Oto terbaik dari www.goasuransi.com

Silahkan Hubungi : Meylin

0813 1095 4818 / 0838 9314 2204

E-mail : mminiar@gomitra.com
E-mail : meylind.gardaoto@gmail.com

( Minta Simulasi Premi )


goastra

Garda oto Asuransi Astra siap melayani Asuransi Mobil anda ayo cek di http://goasuransi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.