goasuransi.com | Bukan sekadar kemampuan mengendarai mobil, namun sebagai pengemudi, Anda juga perlu menyeimbangkannya dengan pemahaman teori berkendara di jalan serta undang-undang lalu lintas.

Bagaimana perasaan Anda ketika pertama kali mengendarai mobil? Menyenangkan, menegangkan, was-was, atau campur aduk? Tak berhenti di situ, perasaan tersebut harus dibagi dengan pengetahuan tentang bagian-bagian mobil, teori mengemudi, hingga keselamatan berkendara.

Sebagai pengendara pemula, perhatikan beberapa aspek keselamatan berikut sebelum Anda mengaspal.

Tenang dan fokus

Belajar mengemudi memang membutuhkan usaha ekstra. Namun Anda tak perlu bingung atau gugup, hal pertama yang perlu diperhatikan ketika mengendarai mobil adalah tenang. Jika Anda masih tahap berlatih, pelatih dari kursus setir atau orang terdekat akan memandu sepanjang perjalanan. Sikap tenang dan tetap fokus akan membantu Anda selama di jalan. Jangan biarkan kekhawatiran dan panik menguasai pikiran Anda.

Kendalikan kecepatan

Hal lain yang tak kalah penting bagi pengendara mobil pemula adalah speed control. Jika ingin memiliki kemampuan akselerasi dan mengerem dengan cara halus, Anda harus mengasah intuisi untuk memperkirakan seberapa dalam dan kapan Anda harus menginjak gas atau rem. Hindari menginjak gas atau pedal rem terlalu dalam.

Posisi tangan

Sebelum mulai menjalankan mobil, letakkan tangan dalam posisi yang benar pada setir mobil. Posisi tangan yang benar saat berkendara adalah tangan kanan berada di posisi jam 3 sedangkan tangan kiri berada di posisi jam 9. Posisi ini akan memudahkan dan membuat Anda leluasa menggerakkan setir.

Pandangan lurus ke depan

Ketika seseorang baru pertama kali mengemudikan mobil, umumnya sulit mengukur jarak mobil di sekitarnya. Usahakan pandangan tetap lurus agar laju kendaraan stabil.

Wajib kenakan sabuk pengaman

Setelah melakukan pengecekan dan persiapan, jangan lupa untuk selalu mengenakan sabuk pengaman. Sabuk pengaman akan menjaga Anda dari benturan ketika mobil mengerem mendadak atau membentur sesuatu. Saat mengenakan sabuk pengaman, pastikan Anda memasangnya hingga terdengar bunyi ‘klik’ yang menjadi tanda sabuk sudah terkunci sempurna.

 

Sumber :https://beritagar.id/artikel/otogen/cara-aman-berkendara-mobil-untuk-pemula


Konsultasi Gratis dan penawaran Asuransi Garda Oto terbaik dari www.goasuransi.com

Silahkan Hubungi : Meylin

0813 1095 4818 / 0878 8961 0686

E-mail : mminiar@gomitra.com
E-mail : meylind.gardaoto@gmail.com

( Minta Simulasi Premi )

Categories: News

goastra

Garda oto Asuransi Astra siap melayani Asuransi Mobil anda ayo cek di http://goasuransi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.