goasuransi.com | Minggu dini hari sebuah mobil terbakar di ruas Cawang, Jakarta Timur. Belum diketahui penyebab kasus ini, namun kebakaran pada mobil bukan hal yang mustahil terjadi.
Seseorang bisa terjebak dalam keadaan ini. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari kebocoran bahan bakar hingga sengaja dibakar.
Jika berada di dalam mobil yang terbakar, ada beberapa yang mesti dilakukan oleh seseorang:
1. Segera keluar dari mobil
Jika mencium bau terbakar atau melihat api dari dalam mobil, tidak usah pikir panjang, segera matikan mesin dan keluar, menjauh setidaknya 50 meter dari kendaraan.
Beri sinyal pada kendaraan lain agar tidak mendekati mobil yang terbakar.
 
Api bisa sangat cepat membakar, apalagi jika penyebabnya adalah kebocoran bahan bakar atau pelumas. Kebakaran juga bisa menciptakan gas beracun. Dua kali hirup saja bisa membuat kita lemas atau pingsan, ujungnya bisa fatal.
Tinggalkan barang-barang berharga yang tidak bisa diangkut, seperti laptop, ponsel atau dompet. Percayalah, nyawa kita lebih berharga ketimbang barang-barang itu.
2. Jangan membuka kap mobil.
Jika api keluar dari bawah kap mobil, jangan sekali-kali membukanya. Menurut situs otomotif Sun Valley Automotive Repair, dengan membuka kap mobil maka akan semakin memperparah kebakaran.
Apa pasal?
Oksigen yang masuk setelah kap terbuka bisa membuat api semakin besar. Selain itu, percikan bahan bakar atau paparan api bisa dengan mudah menjalar ke pakaian seseorang. Belum lagi gas beracun yang akan keluar jika kap dibuka.
 
3. Serahkan pada pemadam kebakaran
Setelah keluar dari menjauh dari kendaraan, segera telepon pemadam kebakaran. Walau ada pemadam kebakaran berukuran kecil yang biasa tersedia di mobil, namun biasanya kurang efektif memadamkan api yang telah membesar.
Seseorang yang tidak berpengalaman dalam mengatasi kebakaran mobil bisa menyebabkan bencana yang lebih parah, atau mungkin cedera hingga kematian. Serahkan pada pemadam kebakaran, pasrah dan cari tempat yang aman.

 

Sumber :https://kumparan.com/denny-armandhanu/apa-yang-harus-dilakukan-jika-mobilmu-terbakar


Konsultasi Gratis dan penawaran Asuransi Garda Oto terbaik dari www.goasuransi.com

Silahkan Hubungi : Meylin

0813 1095 4818 / 0878 8961 0686

E-mail : mminiar@gomitra.com
E-mail : meylind.gardaoto@gmail.com

( Minta Simulasi Premi )


goastra

Garda oto Asuransi Astra siap melayani Asuransi Mobil anda ayo cek di http://goasuransi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.