goasuransi.com |  Dalam artikel ini berisi ulasan penjelasan mengenai kenapa dan kapan waktu ban perlu di balance.

Ada beberapa pertanyaan yang mengundang perhatian saya untuk menuliskan artikel tips ini. Pertanyaan tersebut berbunyi, “Seberapa penting dan perlu saya membalancing ban mobil?”  jika ingin mendapatkan kenyamanan selagi berkendara dengan kendaraan Anda, pengecekan balancing, juga perlu dilakukan.

Iman Santoso, Service Advisor dari Astra International Tbk-Daihatsu Pondok Cabe menjelaskan secara komprehensif kepada pembaca MobilWOW alasan kenapa ban diperlukan balancing.  “Jika ban dan susunan ban di mobil tidak di balancing maka akan terjadi ketidakmerataan distribusi berat yang dapat menimbulkan getaran pada roda tidak seperti biasanya.”

Tentu, kalau kondisi seperti itu dibiarkan dapat mempengaruhi kenyamanan selama didalam mobil serta performa ban Anda. Ketidaksamaan distribusi berat dapat diperbaiki dengan cara penambahan berat pada lokasi yang tepat di sekeliling rim atau velg.

Terkait dengan balancing ini, di bengkel atau toko penyedia ban besar biasanya terdapat atau menawarkan lebih dari satu jenis proses balancing. Artinya, ban dapat di balancing dengan dua cara, yakni secara statis dan dinamis.

Balancing statis disbut juga single plane balanced. Ban dengan metode ini dilakukan oleh mesin bubble balancer. Pada saat ban yang tidak balance dipasang di sebuah as yang bergerak bebas, semua beban berat akan berputar kea rah bawah. Beban tambahan kemudian ditambahkan untuk mengimbangi beban berat tersebut.  Setelah beban tambahan dipasang, maka ban akan berputar secara sempurna (rounded).

Sedangkan untuk metode balanced dinamis akan menggambarkan ketidakseimbangan beban pada ban satu sisi dari sisi lainnya, ketidakseimbangan dinamis mampu menyebabkan getaran pada saat mengemudi.

Lalu kapan waktu tepat ban perlu di balancing? Saat pertama kali mengganti ban baru pada velg, ketika ban di rotasi atau bertukar posisi, setelah perbaikan ban (tambal ban) dan setiap ban dilepas dan dipasang kembali pada velg-nya. (Ristu)

Sumber :https://www.mobilwow.com/tips-lengkap/mengapa-ban-mobil-perlu-di-balancing/4665


Konsultasi Gratis dan penawaran Asuransi Garda Oto terbaik dari www.goasuransi.com

Silahkan Hubungi : Meylin

0813 1095 4818 / 0838 9314 2204

E-mail : mminiar@gomitra.com
E-mail : meylind.gardaoto@gmail.com

( Minta Simulasi Premi )


goastra

Garda oto Asuransi Astra siap melayani Asuransi Mobil anda ayo cek di http://goasuransi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.