goasuransi.com | Jakarta – Selain masuk busway harus bayar, pengemudi mobil pribadi jika akan masuk jalan layang juga wajib merogoh kocek lewat sistem electronic road pricing (ERP) atau sistem jalan berbayar elektronik. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sedang mewacanakan hal tersebut.

“Nah sekarang kita lagi mikir, boleh si pengusaha yang bangun mal ini. Dia yang bangun, jalan layang yang keluar dari tol dia yang bangun. Tapi jalan kasih pada kami dan itu kena ERP juga dan itu masuk kantong Pemda,” ujar Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (30/1/2015).

Ahok mencontohkan jalan layang yang akan terkena sistem tersebut yakni jalan layang Casablanca. Namun Ahok masih akan mengkajinya terlebih dulu.

“Selama ini kan selalu ada tuduhan jalan layang kalau dibuat pintu masuk ke mal itu seolah-olah menolong si pengusaha,” tutur mantan Bupati Belitung Timur ini.

Pendapatan dari sistem ERP tersebut, akan dialihkan untuk membeli bus tingkat gratis. Bus tingkat akan disebar di seluruh jalur protokol.

“Nah nanti yang mampu bayar (ERP), ya saudara harus bayar. Supaya (dapat) subsidi ke yang tidak mampu,” ucap dia.

Untuk biaya, Ahok mencontohkan, jika Rp 50 ribu jalan lewat jalur busway dan jalan layang masih juga macet, maka mobil pribadi harus bayar Rp 100-200 ribu
“Sama kayak ERP. ERP itu hitungannya gimana? 1 Jam 1.500 mobil misalnya alau lebih dari itu berarti ERP harus dinaikkan harganya. Jadi tentu harus dikasih bus tingkat gratis. Supaya orang yang tidak bisa bayar, dia bisa markirkan kendaraannya dan naik ke bus gratis,” ucapnya.

Untuk penerapannya, Ahok hingga kini masih menunggu kedatangan bus. “Kami sedang pesan bus. Kita nggak mau impor. Jadi bus-bus lokal. Jadi butuh waktu. Bus dari Magelang, Malang,” kata mantan politisi Gerindra ini.

Ahok mewacanakan soal pengendara mobil pribadi boleh masuk jalur busway asal bayar Kamis (29/1/2015). Dia mengatakan, wacana itu akan dilakukan setelah peninggian separator busway.

“Mungkin wacana ini bisa diterapkan setelah kita tinggikan separator busway. Anda boleh masuk setelah tempelkan e-money di board mobil Anda,” ujar Ahok.

Sumber :http://news.detik.com/read/2015/01/30/103104/2818686/10/2/ide-ahok-mobil-pribadi-masuk-jalan-layang-juga-harus-bayar


Konsultasi Gratis dan penawaran Asuransi Garda Oto terbaik dari www.goasuransi.com

Silahkan Hubungi : Meylin

0813 1095 4818 / 0878 8961 0686

E-mail : mminiar@gomitra.com
E-mail : meylind.gardaoto@gmail.com

( Minta Simulasi Premi )


goastra

Garda oto Asuransi Astra siap melayani Asuransi Mobil anda ayo cek di http://goasuransi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.